PKM Dosen UNM Beri Layanan Konseling Alquran Berbasis Games Bagi Pecandu Narkoba di Makassar

Psikologi S2 – Tim Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) dosen Prodi S2 Psikologi Sains Pascasarjana Universitas Negeri Makassar melakukan pengabdian masyarakat kepada pecandu narkoba di Makassar.

Tim dosen Psikologi Pascasarjana UNM itu adalah Dr H Ahmad, M.Si, H Ahmad Yasser Mansyur, S.Psi, Ph.D dan Dr Muh Ahkam Alwi, S.Psi, M.Si. Pengabdian dilakukan di Yayasan Kelompok Peduli Penyalahgunaan Narkotika dan Obat-obat Terlarang (YKP2N) Makassar.

Sebanyak 10 pecandu Narkotika yang sementara direhabilitasi di tempat ini diberikan Layanan Konseling Al-Qur’an dengan pendekatan Games.

Menurut Dr H. Ahmad, layanan konseling al-Qur’an dengan pendekatan games dilakukan agar peserta tidak merasa jenuh selama pelayanan konseling al-Qur’an.

Layanan Konseling al-Qur’an berbasis game dilaksanakan selama sehari yaitu pada hari Jumat, 30 September 2022 yang diantarai dengan salat jumat dan asar berjamaah.

Ahmad menambahkan beberapa rangkaian dari layanan konseling al-Qur’an yaitu: dimulai dengan penyerahan mushaf al-Qur’an sebanyak 15 eksamplar oleh Muh. Ahkam Alwi sebagai media dalam layanan konseling.

Ahkam Alwi menyampaikan penyerahan mushaf al-Qur’an ini adalah bantuan dari IMMIM melalui Kerjasama tim PKM dosen sebagai salah satu Lembaga dakwah terbaik di Indonesia timur.

Sesi berikutnya Ahmad menyampaikan materi konsep konseling al-Qur’an dan langkah-langkahnya agar peserta dapat memahami jalannya kegiatan konseling dengan pendekatan game spin.

Ahmad juga menjelaskan tentang al-Qur’an sebagai pedoman hidup. Al qur’an adalah firman Allah Swt yang memberikan banyak faedah dan khasiat bagi hamba-hambaNya.

Sesi berikutnya adalah Layanan konseling al qur’an berbasis game yang dipandu oleh bapak H Ahmad Yasser Mansyur.

Konseling diawali dengan mengumandankan lagu senandung al-Qur’an secara bersama sama.

Selanjutnya peserta satu per satu mengambil ayat yang sudah disiapkan sebelumnya melalui program IT.

Ayat yang diperoleh selanjutnya dibacakan teksnya dan terjemahnya. Peserta juga diminta menceritakan kasus/problemnya dikaitkan dengan ayat yang dibacakan tadi.

Di akhir konseling, peserta bersedia mengaplikasikan teks ayat yang diperolehnya.

Kegiatan PKM Layanan Konseling berbasis game sangat diapresiasi oleh peserta (klien rehabilitasi NAPZA).

Selama pelaksanaan konseling sebahagian peserta menangis bercucuran air mata rindu dengan sanak keluarga yang sudah berbulan-bulan berpisah.

Ketua YKP2N, Andi Sulolipu, Program Manager YKP2N Fauzi Akil dan Ibu Irma Thamal, koordinator program Social Worker memberikan apresiasi yang sangat baik atas kegiatan ini.

rma mengemukakan bahwa kegiatan Layana konseling Al-Qur’an yang dilaksanakan oleh tim Dosen Prodi S2 Psikologi Sains PPS-UNM sangat membantu proses pemulihan dan rehabilitasi klien.

Kegiatan ini dibantu oleh voluntir berpengalaman yaitu, Muh Akbar dan Darmawan. Keduanya adalah mahasiswa S2 Magister Psikologi Sains PPS UNM.

Terpisah Ketua LP2M UNM bapak Prof. Dr. Ir. H. Bahrani A. Rauf, MT mengungkapkan kegiatan PKM yang dilakukan adalah bagian dari tri dharma Perguruan Tinggi.

Menurut dia eosen dituntut tidak hanya melaksanakan Pendidikan dan pengajaran tetapi juga melakukan pengabdian ditengah-tengah masyarakat. (pap)

Sumber : https://www.ujungjari.com/2022/10/01/pkm-dosen-unm-beri-layanan-konseling-alquran-berbasis-games-bagi-pecandu-narkoba-di-makassar/