Mahasiswa Prodi Psikologi Pascasarjana UNM Gelar Enam Webinar Aplikasi Psikologi Positif

Psikologi S2 – Mahasiswa Psikologi Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar menggelar enam Webinar terkait aplikasi Psikologi Positif, Jumat (16/12) dan Sabtu (17/12).

Enam webinar aplikasi psikologi positif itu antara lain psikologi positif bidang pendidikan dengan dua tema besar yakni spiritual teaching dengan narasumber Trisnawati, S.Psi, M.Psi dan Novita Maulidya Jalal, S.Psi., M.Psi., Psikolog yang membahas tantangan school well-being. Selanjutnya Webinar psikologi positif bidang PIO dengan dua tema yakni Meaningfulness of Work dengan narasumber Hillman Wirawan S.Psi, MA. Phd (Cand) dan Strategi Jitu Bahagia menghadapi Burnout dengan pemateri Dr Ahmad Gimmy Pratama Siswadi, M.Si., Psikolog.

Kemudian Webinar ketiga bidang Psikologi Klinis dengan dua tema yakni self talk yang dibawakan Ratri Kartika Ningtyas, S.Psi., M.Psi, Psikolog dan Inner Child (berdamai dengan masa lalu) dengan narasumber Dr Rusdi Rusli., M.Psi., Psikolog CPC.

Enam webinar psikologi positif ini berlangsung selama dua hari, Jumat, 16 Desember dan Sabt, 17 Desember besok.

Menurut Eva Meizara selaku pengampuh mata kuliah psikologi positif dan juga wakil Dekan 1 Psikologi UNM mengemukakan webinar psikologi positif ini diadakan dimaksudkan agar mahasiswa Psikologi PPS UNM memperoleh wawasan yang lebih luas mengenai aplikasi positif dalam berbagai bidang peminatan psikologi, sehingga mahasiswa lebih memahami teori dan aplikasi psikologi positif. 

Eva Meizara sebagai pemantik dalam webinar ini menyampaikan bahwa psikologi positif seyogyanya menjadi spirit/energi dalam berbagai aktivitas manusia, baik dalam dunia kerja, pendidikan, rumah tangga maupun di tengah-tengah masyarakat. 

Sementara itu Kaprodi Psikologi PPS UNM, Dr H Ahmad, S.Ag., S.Psi., M.Si menyambut baik kegiatan webinar yang digagas oleh mahasiswa psikologi Program Pascasarjana UNM.

Menurut dia, webinar ini sangat memberikan manfaat bagi mahasiswa pada khususnya dan peserta webinar pada umumnya yang berasal dari berbagai kalangan seperti profesional, guru, mahasiswa, dan bahkan diikuti oleh ibu-ibu rumah tangga. 

Ahmad menyebutkan bahwa psikologi positif sangat memberikan pengaruh dalam menumbuhkan kesejahteraan psikologis dalam dinamika kehidupan manusia. 

“Prodi Psikologi PPS UNM mengucapkan banyak terima kasih kepada inisiator webinar ini, dan kepada seluruh narasumber serta panitia pelaksana. Semoga kegiatan ini memberikan manfaat yang sebesar-besarnya kepada kita semua,” katanya. Pskologi positif merupakan salah satu mata kuliah yang diajarkan pada prodi psikologi Program Pascasarjana UNM.
Mata kuliah ini diampuh tiga dosen. Mereka adalah Dr Dian Novita Siswanti S.Psi., M.Psi., Psikolog, Dr Haerani Nur, S.Psi., M.Si dan Eva Meizara Puspita Dewi S.Psi., M.Si. (pap)

Sumber : https://www.ujungjari.com